A.Pengertian Multimedia
Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan
tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi,
berkreasi dan berkomunikasi.
Multimedia
dapat digunakan dalam bidang periklanan , pendidikan dan bidang jaringan dan
internet . Dalam bidang pendidikan Multimedia
dimanfaatkan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.
Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil
produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Dari berbagai media
informasi, multimedia memilki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat
digantikan oleh penyajian media informasi lainnya. Kelebihan dari multimedia adalah menarik indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara
pandangan,suara dan gerakan.
B. Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang
memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input
(keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor),
VGA dan Soundcard.
2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai
bandwidth yang besar. Perbedaannya adalah adanya sharing system dan pengaksesan
terhadap sumber daya yang sama. Contoh: video converence dan video broadcast.
C.Komponen Multimedia
Menurut
James A. Senn, (10) multimedia terbagi dalam beberapa element-element
multimedia, seperti yang terlihat dalam gambar dibawah ini

|
video Animation
Gambar Komponen Multimedia
a. Teks
: Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah. teks
dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan
bahasa.
b. Image
(grafik) : Sering digunakan dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah
karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan
dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara
yang baru dan lebih berguna.
c. Bunyi
(audio) : PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan
multimedia.Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan
efek-efek suara.
d. Video
: menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
e. Animasi
: penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
f.
Virtual Reality : penggunaan multimedia untuk penerapan secara
langsung.
D.Software
Multimedia
a. Viewing :
Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD)
b. Capturing :
Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device multimedia
(software scanner, capture, camdig)
c. Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi
senuah sajian (adobe)
d.
Authoring :
Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash)
E.Teori Warna

Gambar
2. Teori Warna
F.
Adapun Warna yang dianggap menarik:
a)
Resiko lebih besar pada penggunaan lebih
banyak warna daripada resiko pada penggunaan lebih sedikit warna
b)
Banyak Warna: Sibuk, Menyulitkan,
Melelahkan
c)
Sedikit Warna: Terkesan membosankan
d)
Warna Primer



e)
Warna Sekunder


f)
Warna Highlight


30 Mei 2014 pukul 23.34
Terima kasih atas postingnya kk
posting kk sungguh bermanfaat buat saya :)